Wednesday, September 20, 2017

FITUR BARU YANG DI MILIKI ANDROID OREO

10 Fitur Baru Yang Ada di Android Oreo


                         Setelah melewati beberapa tahapan akhirnya Google secara resmi memantapkan untuk memberi nama "Oreo" untuk versi Android 8.0 terbarunya dan meluncurkannya bertepatan dengan hari peristiwa gerhana matahari di Amerika 21 Agustus kemarin. Hal ini ditandai dengan pihak Android yang memposting sebuah video di youtube dan membaginya di akun Google+ resmi mereka.

Fitur baru yang ditambahkan ke Android O

*Picture in Picture memungkinkan pengguna dapat melihat dua aplikasi sekaligus dalam satu layar
*2x lebih cepat ketika booting
*AutoFill untuk mengingat password saat login di aplikasi
*Meminimalkan aktivitas aplikasi di latar belakang
*Titik-titik pemberitahuan dengan cepat menunjukkan apa yang baru, dan bisa digesek dari layar
*Peluncuran Android Instan diluncurkan di browser Anda tanpa penginstalan
*Google Play Protect memindai aplikasi agar perangkat dan data pengguna tetap aman
*Meningkatkan daya tahan baterai
*Mendesain ulang emoji library dengan lebih dari 60 emoji baru


Fitur yang akan datang pada Android Oreo :

1. Batas latar belakang

Belakangan ini Android sedang fokus dalam meningkatkan prioritas besar pada peningkatan daya tahan baterai dan kinerja interaktif perangkat, seperti fitur doze yang diperkenalkan pada Marshmallow dan Nougat. Di Android O ini, Google kembali menyiapkan fitur dalam peningkatan kinerja perangkat yaitu dinamakan batas latar belakang.

Fitur hemat baterai yang satu ini bertujuan untuk menempatkan kendali aplikasi secara intensif. Diantaranya di tiga bidang utama yaitu siaran implisit, layanan latar belakang, dan update lokasi. Dengan perubahan ini akan membuat pengguna lebih mudah untuk membuat aplikasi seminimal mungkin menggunakan daya baterai.

2. Peningkatan API Autofill

Rencananya Android O akan menerapkan API baru yaitu fitur autofill untuk memasukkan data informasi yang berulang-ulang seperti kartu kredit, alamat, password dan data lainnya sehingga bisa menghindari kesalahan yang lebih sedikit serta menghemat waktu.

Fitur ini hampir mirip dengan fungsi autofill pada saat memasukkan password secara otomatis ketika masuk ke akun tertentu. Ini adalah ide yang menakjubkan!

3. Saluran Pemberitahuan 

Google kembali memperbarui sistem notifikasi pada Android, tidak terkecuali dengan O. Di sini pengguna dapat mengontrol pemberitahuan seperti mengelompokkan berdasarkan kategori serta memblokir atau menundanya, hal tersebut berkat adanya fitur saluran pemberitahuan.

Misalnya notifikasi yang berhubungan dengan teknologi dari aplikasi dapat mudah dinonaktifkan, sementara pemberitahuan seperti berita akan terus muncul di panel pemberitahuan. Hal ini akan memberikan pengguna kontrol yang lebih baik daripada mengelola semua notifikasi aplikasi bersama-sama.

4. Picture-in-picture (PiP)

Fitur ini sudah tersedia di Android TV, sekarang akan tersedia pada Android O termasuk Ponsel dan tablet. Fitur ini sebagian besar digunakan dalam pemutaran video. Dengan PiP, pengguna bisa menonton video saat mereka menjawab chatting maupun panggilan.

Aplikasi akan menempatkan dalam mode PiP dengan keadaan berhenti sejenak. Anda juga dapat menentukan aspek rasio serta mengatur interaksi (seperti play / pause). Fitur ini tidak tidak menggunakan jendela peringatan pada panel notifikasi melainkan dengan pemberitahuan jendela overlay dengan multi layar.

5. Sumber Font di XML

Dengan Android O, aplikasi akan diberikan gaya font secara lengkap termasuk font berat dalam layout XML. Fitur ini ditujukan untuk para pengembang aplikasi untuk memilih jenis font sesuka hati.

Baca juga :

6. Ikon Adaptif

Fitur ini akan membantu Anda mengintegrasikan UI perangkat yang lebih baik. Nantinya OS akan dapat menampilkan ikon adaptif dalam berbagai bentuk sesuai dengan topeng yang dipilih oleh perangkat. Animasi baru juga akan muncul dengan ikon dalam launcher, shortcut aplikasi, Settings, dan jendela dialog.

7. Konektivitas

Fitur besar lainnya dari Android O adalah mendukung audio nirkabel berkualitas tinggi, yaitu Hi-fi melalui Bluetooth. Salah satu perangkat yang disebutkan diantaranya Sony LDAC. Selain itu, fitur Wi-Fi Aware atau sebelumnya dikenal sebagai Neighbor Awareness Network (NAN) akan membuat putaran. Dengan ini memungkinkan perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan Wi-Fi tanpa jalur akses Internet.

8. Navigasi Keyboard

Keyboard di Android O akan memungkinkan untuk navigasi prediksi lebih baik di seluruh antarmuka. Google mengatakan akan dibangun fitur baru "arrow" dan "tab" untuk navigasi keyboard yang lebih baik.

9. WebView Enahcements

Aplikasi sekarang akan multi-process konten web dalam WebView untuk meningkatkan keamanan serta stabilitas yang lebih baik. Ada juga sebuah API yang akan menangani kesalahan WebView dan crash.

10. Java API 8 dan runtime Optimization

Selain mendukung sekelompok API Java baru, runtime Android O dilaporkan akan dua kali lebih cepat dari sebelumnya.



Itulah beberapa fitur dari Android Oreo (8.0)
Yang pastinya sangat menarik untuk dicoba ...
semoga bermanfaat


Description: FITUR BARU YANG DI MILIKI ANDROID OREO
Rating: 4.5
Reviewer: Andika Galih Kristanto
ItemReviewed: FITUR BARU YANG DI MILIKI ANDROID OREO

0 komentar:

Post a Comment