Thursday, September 21, 2017

MACAM MACAM USER INTERFACE Smartphone


Sebuah smartphone tentu hadir dengan teknologi canggih di dalamnya.
Baik itu hardware, hingga software di dalamnya pun ikut turut andil demi mendongkrak kepopulerannya.

Salah satunya adalah dukungan interface.
Selain bentuk, orang cenderung menyukai sebuah smartphone berdasar tampilan yang dibawakannya.
Apa itu user interface?
Sebelum menyebutkan ragam User Interface yang ada di berbagai handphone pintar saat ini, ada baiknya kita memahami apa itu user interface. User interface merupakan cara user berkomunikasi dengan hapenya. Semua yang ada di layar, cara membaca file, menggunakan keyboard atau swipe – semua ini termasuk dalam user interface.
Fungsinya?
User interface menghubungkan pengguna dengan sistem operasi yang ada dalam sebuah perangkat hape (atau laptop atau PC). Jadi, User interface ini merupakan mekanisme yang sedemikian rupa sehingga menciptakan pengalaman tertentu saat menggunakan smartphone tersebut.



Bila Anda sering membaca review tentang gadget, apapun merknya, seringkali penulis menyebutkan pengalaman saat menggunakan user interface ponsel tertentu. Ada yang dibuat bingung dengan user interface yang njelimet namun ada pula yang dibuat simpel. User interface berkaitan erat dengan pengalaman pengguna ponsel saat berinteraksi dengan hapenya. Oleh karena itulah, para vendor hape di dunia pun berlomba-lomba menciptakan UI yang sederhana, praktis namun bisa mencakup segala yang dibutuhkan pengguna. Bahkan user interface saat ini dibuat untuk mempercantik tampilan pada layar ponsel. Supaya anda tidak bingung, mari mengenal user interface dari beberapa vendor hp berikut ini.

1. ZenUI pada ASUS

ZenUi bisa jadi merupakan user interface yang umurnya masih muda. ASUS sebagai vendor pencipta mampu mendesain interface yang sangat mengesankan karena tidak flat. Selain itu, Zen UI juga tersedia di gadget-gadget ASUS yang terbaru. User interface ini memiliki 2 fungsi krusial yang khusus dirancang agar pengguna dapat dengan mudah mengatur informasi yang diinginkan. Dua fungsi tersebut adalah:

What’s Next: fungsi ini dapat dirasakan pengguna saat menggunakan lock-screen. Para pengguna ASUS phone akan dengan mudah melihat notifikasi seperti email baru, reminder meeting bahkan cuaca yang ada di area Anda.

Do It Better: fungsi ini dititikberatkan pada kemampuan handphone untuk bermultitasking. Pengguna akan diingatkan agar tidak lupa dengan hal-hal yang harus dikerjakan. Contoh, saat seddang menulis SMS, ternyata ada panggilan telepon masuk. Klik tombol pengingat saat sebelum menerima telepon. Setelah Anda selesai, sebuah notifikasi akan muncul untuk mengingatkan kalau Anda harus melanjutkan menulis pesan tersebut.


2. Touchwiz pada Samsung

Touchwiz cukup populer di antara user interface lainnya karena teknologi besutan Samsung ini suda ada pada gadget-gadgetnya yang terbaru. Ada banyak fitur yang disediakan oleh Touchwiz seperti Live Panels yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan merapikan widget layaknya sebuah majalah. Selain itu, terdapat beberapa penyesuaian seperti perubahan ukuran widget.

Quick Panel memungkinkan Anda untuk melihat waktu, signal WiFi, baterai hingga kalender dengan satu tap bagian bawah layarnya. Cukup sekali swipe Anda juga bisa mengaktifkan fitur-fitur notifikasi, GPS, flight mode dan lain sebagainya.

Fitur lain dari user interface ini adalah Mini Apps Tray yang bisa digunakan untuk menyimpan shortcut. Media Hub digunakan untuk menyewa dan membeli video serta ada tombol control yang memudahkan Anda saat search video.

Fitur yang menarik lain dari Touchwiz yaitu kemampuan mengedit foto lewat Photo Editor. Banyak kalangan yang mengklaim kalau versi ini sangat mirip dengan Photoshop namun dengan teknik yang sudah disederhanakan dan sudah tablet-friendly. Dengan bantuan TouchWiz, photo editing yang awalnya sulit bisa dilakukan dengan mudah – tinggal hack, flip, dan crop dengan menggunakan jari-jemari Anda.

3. MIUI pada Xiaomi

Xiao Mi sebagai pendatang baru di dunia smartphone pun tak mau kalah dengan Samsung. Produsen asal negeri bamboo ini menyajikan berbagai pilihan smartphone yang sudah dibekali dengan user interface bernama MIUI. Banyak pengguna yang mengakui bahwa user interface ini hampir mirip dengan yang ada pada produk Apple. MIUI memungkinkan Anda untuk memodifikasi tampilan seperti icon, lock screen, widget dan lain sebagainya hingga benar-benar berbeda. Bahkan, Anda bisa memakai dua theme berbeda sekaligus! Hal ini membuat tampilannya sangat personal dan dijamin, lain daripada yang lain.

Selain itu, update-an juga bisa diunduh setiap minggu. Jadi, para pengguna Xiao Mi bisa langsung merasakan perubahan dan perkembangan user interface ini secara signifikan.

4. SenseUI pada HTC

Siapa yang tidak kenal dengan smartphone HTC? Handphone kualitas premium ini dibekali dengan teknologi antarmuka yang tak kalah hebat. Dikenal dengan sebutan SenseUI, HTC mengembangkan user interface ini untuk ditanamkan pada ponsel besutannya.

Banyak pula pengguna yang mengatakan bahwa SenseUI jauh lebih asyik dibandingkan dengan Touchwiz milik Samsung. SenseUI seri ke-7 dibekali dengan fitur Avatar Maker. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat avatar pribadi yang cukup menghibur dan membuat ponsel jadi lebih personal.

Pada Home Screen, pengguna diberi 7 halaman yang bisa diisi dengan icon-icon aplikasi favorit. Kontak-kontak yang ada dalam buku telepon Anda juga sudah disinkronkan dengan Facebook lewat fitur People Friend Stream. Jadi, informasi yang di-update mencakup nama, nomor telepon hingga tanggal lahir teman. Dalam hal penataan widget, pengguna bisa dnegan bebas mengatur widget mana yang ingin ditampilkan. Cukup dengan press and swipe saja. Letak shortcut pun dibuat bebas sesuai keinginan pengguna.

5. Optimus UI pada LG

Keberadaan smartphone LG kian marak di pasar handphone Indonesia. Kehadiran user interface bernama Optimus UI pun semakin dikenal berkat kecanggihannya. Tampilan antarmuka milik LG ini memungkinkan Anda untuk menggeser kea rah mana saja saat membuka kunci layar. Selain itu, pembaruan pada Pattern Lock membuat handphone sulit untuk ‘dijajah’ oleh teman Anda karena polanya membuka screen lock bisa Anda gambar sendiri.

Fitur voice shutter merupakan tambahan yang menarik pada Optimus UI. Anda bisa mengambil gambar hanya dengan menggunakan suara tertentu seperti “Cheese”. Fitur unggulan ini cukup sukses dalam memberikan ciri khas pada ponsel-ponsel besutan LG. UI ini mampu membedakan smartphone LG dengan hape lain yang ada di pasaran. Di setiap keluaran yang terbaru, user interface ini pun megalami perkembangan agar selalu menyajikan keunikan tersendiri bagi para pecinta ponsel cerdas asal Korea Selatan ini.

6. EMUI Pada HUAWEI

EMUI merupakan UI yang dikembangkan oleh Huawei. Tema yang di usung oleh UI ini adalah UI baru yang lebih segar dan lebih canggih. berbeda dengan para produsen android cina lainnya yang mendesain UI hasil buatannya dengan gaya yang mirip dengan IOS dan windows phone, tampilan UI EMUI ini terkesan lebih original dan memberi kesan berbeda.

Bahkan huawei juga mengembangkan UI ini untuk bisa membedakan mana touch pada screen yang dilakukan dengan sengaja dan mana yang tidak dan melakukan aksi yang tepat pada setiap event yang terjadi tersebut. Versi terbaru EMUI sekarang adalah versi 5.o yang berbasis pada android nougat.

7.  Xperia UI Pada SONY

Xperia UI merupakan UI yang dikembangkan oleh Sony untuk versi ponsel Xperia Androidnya. Kelebihan dari Xperia UI salah satunya adalah menawarkan kecepatan pemrosesan yang ringan dan juga menawarkan kemampuan untuk menghemat baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan para pesainggnya. Mengenai masalah desain, tampilan dari Xperia UI ini terasa simpel dan sangat classic. bagi pencita ponsel sony tema yang diusung xperia UI ini akan sangat kental sekali dengan ponsel sony. Tapi sayangnya Xperia UI ini memiliki kelemahan pada sisi pemrosesan kameranya. Dimana menurut para penggunanya, Experia UI kurang memiliki pemrosesan gambar yang mumpuni yang dapat menggunakan potensi dari hardware secara maksimum.

Nah, daftar di atas memang belum mewakili user interface dari vendor handphone lain namun user interface tersebut cukup dikenal di kalangan pengguna smartphone secara global.

8. Color Os Pada OPPO

User interface dari Oppo ini sudah banyak mengalami perubahan. Bahkan sepertinya oppo mempunyai sebuah tim khusus untuk mengembangkan user interface nya ini terbukti dengan adanya channel youtube yang membahas update update dan fitur yang dibawa setiap kali akan meluncurkan versi terbaru dari color os. Namun sayang sejak munculnya Color Os 2.1.3 channel tersebut sudah tidak pernah melakukan update lagi.
Sekarang ini color os sudah mencapai versi 6.1  yang memiliki tampilan mirip dengan ios termasuk dengan ikon serta control center yang ada dibagian bawah.


Description: MACAM MACAM USER INTERFACE Smartphone
Rating: 4.5
Reviewer: Andika Galih Kristanto
ItemReviewed: MACAM MACAM USER INTERFACE Smartphone

0 komentar:

Post a Comment