Thursday, September 21, 2017

MACAM MACAM GPU Android

     GPU ANDROID




GPU Android merupakan salah satu hardware/ komponen utama pendukung performa sebuah smartphone. GPU adalah kependekan dari Graphic Processing Unit. Fungsi dari GPU pada smartphone sama atau tidak jauh berbeda dengan VGA card yang kita kenal pada Personal Computer (PC). Saat ingin membeli sebuah smartphone sebaiknya sobat juga mempertimbangkan mengenai jenis dan spesifikasi GPU yang dipakai oleh smartphone tersebut. GPU yang baik akan membantu kerja prososor dalam mengolah dan menampilkan data-data grafis. Semakin tinggi kualitas GPU yang digunakan pada sebuah smartphone maka semakin bagus smartphone tersebut menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan tampilan grafis yang tinggi.

1. Adreno
GPU Android Seri Adreno merupakan graphic processing unit buatan ATI. Jika sobat suka dengan komputer pasti tau dengan nama besar satu ini. ATI sekarang sudah menjadi anak perusahaan AMD yang dulu disebut dengan seri ATI Imageon, sekitar tahun 2002-2004 yaitu pada awal-awal keluarnya seri GPU ini. Selanjutnya pada tahun 2008, AMD Imageon di jual ke salah satu produsen prosesor mobile terkemuka dunia, yaitu Quallcom. Sekarang ATI/AMD hanya berperan dalam men-support arsitektur dan pengembangan GPU Adreno saja. Seri Adreno merupakan bawaan dari semua SOC (System On Chip) buatan Quallcom atau secara sederhana, semua smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm pasti mengusung GPU Adreno.

2. PowerVR
GPU Android PowerVR merupakan chip grafis buatan Video Logic. Video Logic dulu sempat pernah menjadi pemain besar yang ikut meramaikan persaingan VGA. Namun semakil lama persaingan menjadikan NVIDIA dan ATI menjadi dua pemain utama yang mendominasi dunia graphic card. Video Logic kini hanya berfokus pada komponen chipset graphic untuk smartphone atau GPU. PowerVR salah satu merek dari Video Logic tidak diproduksi sendiri oleh Power Logic> Mereka hanya membuat blueprint arsitektur chipset grafis yang kemudian lisesnsi untuk memproduksi dijual kepada beberapa perusahaan pembuat chipset terkemuka seperti Intel, NEC dan lain-lain.

3. NVIDIA Tegra / GeForce ULP
GeForce ULP (Ultra Low Power) merupakan GPU Android yang diproduksi oleh NVIDIA. GeForce ULP merupakan System on Chip (SOC) dari NVIDIA Tegra 2.
Pada tahun 2011 Tegra 3 diumumkan serta mengalami peningkatan sangat tajam. Namun disayangkan GPU Tegra 3 ini masih belum banyak digunakan pada smartphone. Hal ini disebabkan karena pada masa itu belum bnyak terdapat game Android, sehingga membuat para produsen smartphone menganggap bahwa Tegra 3 memiliki keceptan terlalu cepat.
Tingkatn Tegra 4 juga mengalami hal sama dengan Tegra 3, bahkan pengguna Tegra 4 lebih sedikit dibandingkan Tegra 3. Terakhir NVIDIA mengumumkan Tegra K1, Tegra K1 merupakan SoC tercepat di dunia. Namun sampai saat ini masih belum ditemui smartphone yang menggunakan GPU jenis Tegra K1.

4. MALI
GPU Android MALI merupakan GPU deengan arsitektur buatan ARM. Nama Mali masih jarang terdengar dipakai oleh perangkat smartphone. Namun sebenarnya Mali sudah memiliki reputasi yang sangat baik untuk produk-produk chip grafis yang digunakan pada perangkat/ gadget non-smartphone seperti HDTV hingga console game terkenal PlayStation 3. Khusus untuk smarphone, seri yang digunakan adalah Mali 400MP4 (MP adalah indikator core yang digunakan). GPU ini merupakan bagian dari SOC Exynos dualcore CPU 1.2ghz A9 milik Samsung Galaxy S II. Kabarnya Mali 400MP4 ini mampu merender hampir setara PS3 maupun Xbox 360.

5. VideoCore Broadcome
GPU VideoCore Broadcome jenis GPU yang memerlukan konsumsi daya rendah keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcame menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

Lalu mana GPU Android terbaik?
Agak sulit nampaknya untuk mengatakan mana GPU Android yang terbaik bersadarkan satu kategori yang sama. Masing-masing GPU Android di atas tadi memiliki cara atau metode masing-masing dalam melakukan pengolahan grafis sebuah perangkat smartphone Android. Setiap seri GPU memiliki kelebihan dan kelemahan yang terkait erat dengan system on chip (SOC) yang dipakainya. Namun Androbana menemukan sebuah situs yang menyajikan hasil benchmark dari berbagai macam GPU Android. Dari hasil benchmark tersebut diketahui bahwa Adreno 330 merupakan GPU dengan kinerja terbaik sampai dengan saat ini.



Description: MACAM MACAM GPU Android
Rating: 4.5
Reviewer: Andika Galih Kristanto
ItemReviewed: MACAM MACAM GPU Android

0 komentar:

Post a Comment